Gelombang

Gelombang
Gelombang adalah getaran yang merambat. Getaran dibagi menjadi dua jenis:
  1. Vibrasi, adalah gerakan bolak-balik dalam suatu interval pada selang waktu dan lintasan yang sama dengan dengan kecepatan getaran (frekuensi) yang relatif tinggi. Contoh: getaran pita suara, getaran alat musik, getaran atom-atom penyusun suatu benda pada suhu tinggi, dll.
  2. Osilasi, adalah gerak berulang-ulang atau bolak-balik pada selang waktu dan lintasan yang sama dengan dengan kecepatan getaran (frekuensi) yang relatif rendah. Contoh: detak jantung, gerakan bandul, peristiwa perubahan siang dan malam, ayunan pegas, dll. Osilasi dibagi dua jenis:
    1. Osilasi harmonik sederhana adalah gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar titik kesetimbangan.
    2. Osilasi harmonik teredam adalah osilasi yang seiring berjalannya waktu akan berhenti karena adanya redaman, seperti gaya gesek udara, gaya ayun yang semakin kecil, dll.
Berdasarkan medium hantarnya, gelombang dibagi menjadi dua jenis:
  1. Gelombang mekanis, yaitu gelombang yang memerlukan zat perantara untuk merambat. Pada umumnya samakin rapat partikel penyusun zat perantara, maka proses penghantaran gelombang akan semakin baik. Contoh: gelombang bunyi, gelombang air, gelombang pada ta;i, gelombang pada slinki, dll.
  2. Gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang tidak memerlukan zat perantara untuk merambat. Contoh: cahaya matahari sampai ke bumi melalui ruang hampa udara (tidak ada zat perantara), gelombang radio, X-Ray, gelombang listrik, dll.

Berdasarkan bentuknya, gelombang dibagi menjadi dua jenis:

  1. Gelombang longitudinal, adalah  gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatannya. Gelombang mekanis termasuk ke dalam gelombang transversal.
  2. Gelombang transversal, adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Gelombang elektromagnetik termasuk ke dalam gelombang transversal.
Gambar 1. Perbedaan gelombang transversal dan longitudinal.

 

Gambar 2. Hubungan antara perbedaan kerapatan udara dengan bentuk gelombang.

 

Gelombang bunyi adalah suatu bentuk rapatan dan renggangan partikel udara yang dihasilkan oleh sumber bunyi. Rapatan dan renggangan partikel udara ini menghasilkan tekanan pada gendang telinga, sehingga gendang telinga akan bergetar dengan frekuensi tertentu yang sesuai dengan frekuensi yang dikeluarkan oleh sumber bunyi. Getaran di gendang telinga ini akan diteruskan melalui tiga tulang pendengaran (martil, landasan, dan sanggurdi) ke rumah siput. Getaran membuat cairan di rumah siput bergerak, pergerakan cairan merangsang berbagai reseptor rambut, terutama sel rambut untuk bergetar. Getaran ini selanjutnya akan dikirim melalui saraf sensoris menuju otak dalam bentuk impuls dan otak akan menerjemahkannya sebagai suara yang kita kenal sekarang.

 

Soal Latihan Gelombang
1.  Permukaan air yang dijatuhkan batu akan menghasilkan riak gelombang. Jenis gelombang yang terbentuk adalah ….
  1. Gelombang elektromagnetik
  2. Gelombang longitudinal
  3. Gelombang transversal
  4. Gelombang kinetik

2.  Fenomena alam yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah ….

  1. Gelombang merambat melewati ruang hampa udara
  2. Sinyal telepon seluler ada dimana-mana
  3. Terbentuknya ombak laut
  4. Gelombang gempa bumi
Ditulis Oleh: Rofa Yulia Azhar

Artikel terkait Bab Gelombang dan Bunyi:

  1. Gelombang
  2. Getaran
  3. Frekuensi, Periode, Amplitudo, dan Cepat Rambat Gelombang
  4. Bunyi
  5. Materi Lengkap Gelombang dan Bunyi
  6. Soal Ulangan Gelombang dan Bunyi
  7. Download Modul Gelombang dan Bunyi (klik di sini)
Please follow and like us:
0

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *