Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari.

Pertanyaan:

Perhatikan gambar berikut!

Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan!

*Sebenarnya peristiwa pada soal tidak akan terjadi, limbah pabrik akan terlarut homogen pada aliran sungai sehingga penduduk di sebalah barat maupun timur akan terkena dampak yang sama.

(Soal Uji Kompetensi. Bab Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan. Mata Pelajaran IPA. BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 7. Kemendikbud)

Jawaban:

Kemungkinan hal tersebut bisa terjadi adalah:

  1. Iritasi pada mata kemungkinan bear disebabkan oleh asap dari pabrik yang terdapat di dekat daerah tersebut. Pergerakan angin menuju timur yang terlihat dari arah asap hasil pembuangan cerobong menyebabkan penduduk di sebelah timur terkena dampaknya.
  2. Mungkin juga jika limbah yang dibuang ke sungai tidak tercampur homogen dan aliran limbah dibuah di sebelah timur sungai. Sehingga penduduk di sebalah timur terkena dampaknya.
Dijawab Oleh: Rofa Yulia Azhar
Please follow and like us:
0

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *