Mendata Titik-Titik Sampel pada Ruang Sampel

Mendata Titik-Titik Sampel pada Ruang Sampel
1. Teknik Diagram Pohon
Titik sampel yang terdapat pada pelemparan dua buah koin dapat kita tentukan dengan teknik diagram pohon. Pada pelemparan koin pertama, akan ada dua kemungkinan, yaitu muncul angka (A) atau gambar (G). Apabila pada koin pertama muncul angka (A), maka akan ada dua kemungkinan untuk koin kedua, yaitu muncul angka (A) atau gambar (B). Lalu jika pada koin pertama muncul gambar (G), maka akan ada dua juga kemungkinan untuk koin kedua, yaitu angka (A) atau gambar (G). Berikut penggambaran diagram pohon untuk titik sampel pada pelemparan dua buah koin:

Gambar 2. Titik sampel pada pelemparan dua buah koin.

Berdasarkan hasil mendata titik-titik sampel pada ruang sampel pelemparan dua buah koin dengan menggunakan diagram pohon, kita mendapatkan hasil titik sempel sebanyak 4 buah, yaitu (A, A), (A, G), (G, A), dan (G, G). Sama seperti penjelasan penggambaran titik sampel pada pelemparaan dua buah koin, untuk pelemparan tiga buah koin, hasil penggambaran diagram pohonnya adalah sebagai berikut:

Gambar 3. Titik sampel pada pelemparan tiga buah koin.

Berdasarkan hasil mendata titik-titik sampel pada ruang sampel pelemparan tiga buah koin dengan menggunakan diagram pohon, kita mendapatkan hasil titik sampel sebanyak 8 buah, yaitu (A, A, A), (A, A, G), (A, G, A), (A, G, G), (G, A, A), (G, A, G), (G, G, A), dan (G, G, G).

Berdasarkan jumlah titik sampel yang dihasilkan dari pelemparan dua koin uang dan tiga koin uang, kita dapat menemukan persamaan matematis untuk mengitung banyaknya titik sampel pada pelemparan beberapa koin uang logam, yang dinyatakan sebagai berikut:

Keterangan:
n(A) = banyaknya titik sampel pada kejadian A;
n = banyaknya koin.

2. Teknik Tabel
Titik sampel yang terdapat pada pelemparan dua buah dadu dapat kita tentukan dengan cara tabel. Pada pelemparan dadu pertama, akan ada enam kemungkinan, yaitu muncul mata dadu 1, 2, 3, 4, 5, atau 6. Apabila pada dadu pertama muncul mata dadu 1, maka akan ada enam kemungkinan untuk mata dadu kedua, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, dan begitu juga seterusnya. Berikut penggambaran tabel untuk titik sampel pada pelemparan dua buah koin:

Gambar 3. Titik sampel pada pelemparan dua buah dadu.

Berdasarkan hasil mendata titik-titik sampel pada ruang sampel pelemparan dua buah dadu dengan menggunakan teknik tabel, kita mendapatkan hasil titik sampel sebanyak 36 buah.

Berdasarkan jumlah titik sampel yang dihasilkan dari pelemparan dua buah dadu, kita dapat menemukan persamaan matematis untuk mengitung banyaknya titik sampel pada pelemparan beberapa dadu, yang dinyatakan sebagai berikut:

Keterangan:
n(A) = banyaknya titik sampel pada kejadian A;
n = banyaknya dadu.

Soal Latihan Ruang Sampel dan Titik Sampel
1. Pada percobaan lempar undi 3 uang logam sejenis secara bersamaan sebanyak satu kali, banyak titik sampel untuk dua angka dan satu gambar adalah . . . .
  1. 8
  2. 5
  3. 3
  4. 1

2. Munculnya gambar atau angka pada pelemparan sekeping uang logam adalah kejadian ….

Please follow and like us:
0

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *