Bilangan

Bilangan

Bilangan adalah kumpulan simbol-simbol yang digunakan untuk menyatakan jumlah, banyaknya sesuatu, atau hasil pengukuran. Bilangan banyak sekali jenisnya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bilangan ganjil, yaitu bilangan yang tidak habis dibagi dua atau kelipatannya. Contoh: 1, 3, 5, 7, ….
  2. Bilangan genap, yaitu bilangan yang habis dibagi dua atau kelipatannya. Contoh: 2, 4, 6, 8, 10, ….
  3. Bilangan prima, yaitu bilangan yang hanya memiliki dua faktor. Contoh: 2, 3, 5, 7, 11, 13, ….
  4. Bilangan komposit, yaitu bilangan asli yang lebih besar dari 1 dan bukan termasuk bilangan prima. Contoh: 4, 6, 8, 9, ….
  5. Bilangan asli, yaitu bilangan bulat positif. Contoh: 1, 2, 3, ….
  6. Bilangan nol, yaitu bilangan nol (0) itu sendiri. Nol berbeda dengan kosong, nol memiliki nilai, yaitu nol itu sendiri, sedangkan kosong tidak memiliki nilai.
  7. Bilangan cacah, yaitu bilangan asli ditambah angka nol. Contoh: 0, 1, 2, 3, ….
  8. Bilangan bulat, yaitu bilangan yang terdiri dari bilangan bulat negatif, bilangan bulat positif, dan nol. Contoh: …., –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, ….
  9. Bilangan pecahan, yaitu bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Bilangan a disebut sebagai pembilang dan bilangan b disebut sebagai penyebut. Contoh: 1/4, 1/2, 3/4, ….
  10. Bilangan rasional, yaitu bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan a dan b adalah anggota bilangan bulat dan b ≠ 0. Contoh: 2/2, 5/4. 1/4, ….
  11. Bilangan irrasional, yaitu bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan atau bilangan selain bilangan rasional. Contoh: √2, √3, √5, √6, √7, ….
  12. Bilangan riil, yaitu  bilangan yang bisa dituliskan dalam bentuk desimal, yang merupakan gabungan dari bilangan rasional dan irrasional.
  13. Bilangan imajiner, yaitu bilangan bilangan yang mempunyai sifat i² = −1. Contoh: √–2, √–3, √–5, ….
  14. Bilangan kompleks, yaitu bilangan gabungan dari bilangan riil dan bilangan imajiner dalam bentuk bi di mana a dan b adalah bilangan riil, dan i adalah bilangan imajiner tertentu yang mempunyai sifat i² = −1.


Gambar 1.Mind map macam-macam bilangan.

Please follow and like us:
0

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *